BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan dunia komputer yang sudah sangat pesat mengakibatkan manusia kini mampu berkomunikasi dengan multimedia, artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau gambar saja, namun bisa dengan keduanya.
Media komunikasi juga terus berkembang yang awalnya hanya suara, teks dan gambar kini telah merambah ke dalam video, animasi, dll yang membuktikan bahwa teknologi yang kita sebut dengan teknologi multimedia sudah sangat berkembang. Multimediapun bukan lagi digunakan sebagai media entertain saja namun telah diterapkan dalam berbagai bidang, antara lain pendidikan, perdagangan, dan masih banyak lagi.
Kini multimedia bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita karena sudah dapat kita temui disekitar kita setiap saat, mulai dari rumah, perjalanan, hingga tempat tujuan kita pasti menjumpai beragam produk hasil kreasi mteknologi multimedia seperti banner, iklan, poster, dll. Lalu apakah pengertian dari multimedia?
Oleh karena itu patutlah bagi kita untuk memahami apa aarti dari multimedia itu, agar kita mampu memanfaatkan teknologi multimedia dengan sebaik-baiknya dan tidak justru menyelewengkannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakan diatas maka pemakalah mampu merumuskan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam bab pembahsan diantaranya adalah:
1. Apakah pengertian multimedia?
2. Apakah sajakah aplikasi multimedia?
1.3 Tujuan Penulisan
Dari rumusan maslah diatas maka dapat diketahui bahwa pemkalah dalam membuat makalah ini memiliki beberapa tujuan yakni:
1. Memahami pengetian multimedia
2. Memahami aplikasi-aplikasi multimedia
3. Menyelesaikan tugas mata kuliah pengetahuan komputer
2.1 Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Sedangkan dari sudut pandang para ahli, ada beberapa pandangan mengenai pengertian multimedia diantaranya menurut Najjar (1996), Multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi. Pendapat yang tak jauh berbeda dikemukakan oleh Turban (2002) yakni, Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media input atau output dari data, di mana media tersebut dapat berupa audio (suara/musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Yang juga ditambahkan oleh Vaughan (2004) yang menyatakan bahwa Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Dan pendapat lain mengenai multimedia yang berasal dari Steinmetz (1995) yang berpendapat bahwa Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
Jadi, Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media yang berupa audio (suara), animasi, video, teks, grafik, dan gambar yang diproses dan diterima berupa informasi melalui media komunikasi berupa komputer yang mampu memanipulasi data digital.
2.2 Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia artinya adalah penerapan multimedia dalam keseharian kegiatan manusia. Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
- Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
- Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
- Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
- Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Penerapan lainnya dari multimedia yang dikutip dari Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com dan eyig-wardana.blogspot.com Antara lain:
- Internet
Multimedia di internet siaran langsung dari ribuan stasiun radio, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu dan melihat video.
- Presentasi
Multimedia memungkinkan seorang presenter beralih dari overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan.
- Lisensi Dokumen
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari
- Kios
Kios yang interaktif dengan layar sentuh dapat menyediakan berbagai informasi dengan lengkap ditempat-tempat umum, misalnya informasi mengenai produk, informasi yang disajikan jauh lebih menarik bagi pengguna dibandingkan informasi yang tercetak.
- Tutorial
Multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan.
- Online Reference
CD-ROM berbasiskan multimedia mulai menggantikan ensiklopedia baku, petunjuk penggunaan dan brosur tentang informasi produk. Versi elektronik dari bahan referensi lebih mudah digunakan dan lebih ringan bila dibawa.
- Publikasi
Berbagai buku, majalah dan koran telah didistribusikan sebagai suatu publikasi multimedia dengan memanfaatkan CD-ROM dan internet. Halaman yang tercetak tidak akan pernah mampu manampilkan visualisasi gerakan dan suara.
- Permainan
Permainan pada saat ini yang menerapkan multimedia, khususnya berbasis tiga dimensi menjadikan permainan menjadi lebih hidup dan nyata dan membuat pemain yang memainkannya mngikuti alur cerita dan mengikuti setiap tingkatan permainan dengan baik.
- Situs web
Penerapan multimedia pada situs web menjadikan situs web menjadi lebih kaya dengan penambahan musik latar belakang, animasi dan video, daripada situs web yang hanya memiliki teks semata. Kelebihan penerapan multimedia pada situs web ini, pengunjung akan lebih tertarik untuk melihat isi dari situs web multimedia ini.
3.1 Kesimpulan
Dari Pembahasan pada BAB II maka pemakalah dapat menentukan beberapa kesimpulan dari pembahasan tersebut, diantaranya:
Pengertian multimedia, Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media yang berupa audio (suara), animasi, video, teks, grafik, dan gambar yang diproses dan diterima berupa informasi melalui media komunikasi berupa komputer yang mampu memanipulasi data digital.
Pengaplikasian multimedia juga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal-hal berikut:
- Bisnis
- Pendidikan
- Rumah
- Tempat umum
- Internet
- Presentasi
- Lisensi Dokumen
- Kios
- Tutorial
- Online Reference
- Publikasi
- Permainan
- Situs web
Referensi :
http://www.satriamultimedia.com/
http://dilihatya.com/
http://unej.ac.id/
http://eyig-wardana.blogspot.com/
Dari latar belakan diatas maka pemakalah mampu merumuskan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam bab pembahsan diantaranya adalah:
1. Apakah pengertian multimedia?
2. Apakah sajakah aplikasi multimedia?
1.3 Tujuan Penulisan
Dari rumusan maslah diatas maka dapat diketahui bahwa pemkalah dalam membuat makalah ini memiliki beberapa tujuan yakni:
1. Memahami pengetian multimedia
2. Memahami aplikasi-aplikasi multimedia
3. Menyelesaikan tugas mata kuliah pengetahuan komputer
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Sedangkan dari sudut pandang para ahli, ada beberapa pandangan mengenai pengertian multimedia diantaranya menurut Najjar (1996), Multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi. Pendapat yang tak jauh berbeda dikemukakan oleh Turban (2002) yakni, Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media input atau output dari data, di mana media tersebut dapat berupa audio (suara/musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Yang juga ditambahkan oleh Vaughan (2004) yang menyatakan bahwa Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Dan pendapat lain mengenai multimedia yang berasal dari Steinmetz (1995) yang berpendapat bahwa Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
Jadi, Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media yang berupa audio (suara), animasi, video, teks, grafik, dan gambar yang diproses dan diterima berupa informasi melalui media komunikasi berupa komputer yang mampu memanipulasi data digital.
2.2 Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia artinya adalah penerapan multimedia dalam keseharian kegiatan manusia. Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
- Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
- Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
- Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
- Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Penerapan lainnya dari multimedia yang dikutip dari Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com dan eyig-wardana.blogspot.com Antara lain:
- Internet
Multimedia di internet siaran langsung dari ribuan stasiun radio, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu dan melihat video.
- Presentasi
Multimedia memungkinkan seorang presenter beralih dari overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan.
- Lisensi Dokumen
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari
- Kios
Kios yang interaktif dengan layar sentuh dapat menyediakan berbagai informasi dengan lengkap ditempat-tempat umum, misalnya informasi mengenai produk, informasi yang disajikan jauh lebih menarik bagi pengguna dibandingkan informasi yang tercetak.
- Tutorial
Multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan.
- Online Reference
CD-ROM berbasiskan multimedia mulai menggantikan ensiklopedia baku, petunjuk penggunaan dan brosur tentang informasi produk. Versi elektronik dari bahan referensi lebih mudah digunakan dan lebih ringan bila dibawa.
- Publikasi
Berbagai buku, majalah dan koran telah didistribusikan sebagai suatu publikasi multimedia dengan memanfaatkan CD-ROM dan internet. Halaman yang tercetak tidak akan pernah mampu manampilkan visualisasi gerakan dan suara.
- Permainan
Permainan pada saat ini yang menerapkan multimedia, khususnya berbasis tiga dimensi menjadikan permainan menjadi lebih hidup dan nyata dan membuat pemain yang memainkannya mngikuti alur cerita dan mengikuti setiap tingkatan permainan dengan baik.
- Situs web
Penerapan multimedia pada situs web menjadikan situs web menjadi lebih kaya dengan penambahan musik latar belakang, animasi dan video, daripada situs web yang hanya memiliki teks semata. Kelebihan penerapan multimedia pada situs web ini, pengunjung akan lebih tertarik untuk melihat isi dari situs web multimedia ini.
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari Pembahasan pada BAB II maka pemakalah dapat menentukan beberapa kesimpulan dari pembahasan tersebut, diantaranya:
Pengertian multimedia, Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media yang berupa audio (suara), animasi, video, teks, grafik, dan gambar yang diproses dan diterima berupa informasi melalui media komunikasi berupa komputer yang mampu memanipulasi data digital.
Pengaplikasian multimedia juga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dalam hal-hal berikut:
- Bisnis
- Pendidikan
- Rumah
- Tempat umum
- Internet
- Presentasi
- Lisensi Dokumen
- Kios
- Tutorial
- Online Reference
- Publikasi
- Permainan
- Situs web
Referensi :
http://www.satriamultimedia.com/
http://dilihatya.com/
http://unej.ac.id/
http://eyig-wardana.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment